Twitter

WISATA SEJARAH ( Museum Mandala Bhakti ) KOTA SEMARANG

Author Sulastri - -
Home » WISATA SEJARAH ( Museum Mandala Bhakti ) KOTA SEMARANG

Yok, Wisata ke Museum :-)

MUSEUM MANDALA BHAKTI

Jika Anda berwisata ke kota Semarang jangan hanya sekedar berwisata di tempat-tempat hiburan, taman, bangunan tua dan lain sebagainya. Alangkah baiknya Anda juga berwisata sambil mengenal sejarah perjuangan bangsa, salah satunya yaitu dengan mengunjungi Museum Mandala Bhakti. Anda anda dapat berwisata sambil belajar sejarah disini, karena perlu diingat bahwa kota Semarang merupakan salah satu kota yang mempunyai nilai-nilai historis dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah.

Bangunan Museum Mandala Bhakti ini terletak di Jalan Soegijapranata No.1, berdekatan dengan Jalan Pandanaran yang seringkali kita kenal dengan pusat oleh-oleh Semarangan. Dan Museum ini pun berhadapan langsung dengan Monumen Tugu Muda dan Lawangsewu. Jadi ketika berwisata ke Semarang, dalam satu titik ini pun Anda dapat mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus.

Museum Mandala Bhakti
Tugu muda dan Lawang Sewu terlihat dari depan Museum
Didalam beberapa sumber, pada tahun 1930 bangunan ini merupakan Pengadilan Tinggi pada jaman Belanda yang dikhususkan untuk golongan rakyat Eropa. Dan bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek handal dari Belanda yang bernama I. Kuhr E.

Dan di tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II. Kemudian pada tahun 1985, bangunan ini resmi digunakan untuk museum yang menyimpan arsip data, dokumentasi, dan persenjataan TNI baik yang tradisional maupun modern. Semua koleksi yang tersimpan dalam museum ini merupakan bukti fisik dan saksi sejarah perjalanan Kodam tersebut terutama di Jawa Tengah. Seperti yang terjadi dalam peristiwa-peristiwa perjuangan seperti peperangan di Palagan Ambarawa, Perebutan Jogja Kembali, 4 hari di Solo, dan Peperangan 5 hari di Semarang.

Bangunan Museum Mandala Bhakti ini mempunyai dua lantai yang mengarah ke arah Utara. Bangunan ini sangat kokoh dengan pondasi yang terbuat dari batu dan berdinding tebal berplester. Didalamnya terdapat serambi pada sepanjang sisi depan bangunan, baik pada lantai pertama maupun lantai kedua. Di lantai dua, kita akan bisa melihat pemandangan Monumen Tugu Muda dan  Lawang Sewu dari ketinggian.
Museum Mandala Bhakti
Bangunan Museum
Untuk mengunjungi Museum Perjuangan Mandala Bhakti, jam operasionalnya mulai dari Senin sampai Jumat pukul 08.00 – 14.00. Untuk Sabtu dan Minggu, museum ini libur kecuali ada permintaan untuk kunjungan wisata rombongan ke pihak pengelola, maka kunjungan tersebut tetap akan dilayani. Pengunjung disini tidak dikenai tiketing, kecuali untuk para rombongan wisata yang berkunjung dan ingin memberikan bantuan dana secara sukarela.

KOLEKSI MUSEUM

Koleksi Museum Mandala Bhakti antara lain sebagai berikut :

Koleksi Senjata Museum Mandala Bhakti

 

Seragam Tentara dan Pembela Zaman dulu
Koleksi Museum Mandala Bhakti

telepon hasil rampasan dari Operasi Seroja di Timor Timu

telepon hasil rampasan dari Operasi Seroja di Timor TimurT

Telepon hasil rampasan dari Operasi Seroja di Timor Timur
Kendi Raksasa
Ruang Peristiwa
Pojok Ade Irma Suryani
Dan Salah satu koleksi yang sangat menarik adalah Meja Bedah Lapangan, yang masih tersimpan rapi di Museum ini. Meja Bedah Lapangan ini merupakan buatan Belanda pada tahun 1942, bentuk meja bedah yang portable ini pada jaman dulu digunakan untuk mengobati para pejuang yang terluka dan tidak tempat lain untuk beroperasi kecuali dengan meja tersebut.
Museum Mandala Bhakti
Meja Bedah Lapangan
Nah tertarik berkunjung ke Museum?
Kalau tertarik jangan lama - lama, tunggu apa lagi, kunjungi museum Mandala Bhakti segera :)

2 Responses so far.